Home » , » Cara Terhindar dari Penyakit Mematikan

Cara Terhindar dari Penyakit Mematikan

Written By yoyoyo on Rabu, 02 Oktober 2013 | 22.06

Khusus 18 tahun ke ATAS Silahkan klik Kotak di Bawah ini!!!
Gaya hidup sangat mempengaruhi kesehatan Anda. Maka dari itu, ikuti pola hidup yang benar setiap hari supaya tidak mudah terserang penyakit. Beberapa dokter dan ahli kesehatan memberikan tips mengubah pola hidup agar lebih sehat.

Seperti yang dikutip dari Health Me Up, ini dia saran ahli gizi dari Breach Candy Hospital Trust, Eileen Canday, dokter kesehatan dari Jaslok Hospital, Dr. Rina, serta dokter PKD Shah, seorang konsultan obat-obatan dan endokrinologi di Rockland Hospital. Berikut uraiannya.

1. Berhenti Merokok

Rokok bisa menyebabkan rambut mudah rontok atau terkena alopesia (hilangnya rambut, baik di tubuh maupun kulit kepala). Oleh sebab itu Anda harus biasakan berhenti merokok. Anda juga harus mengurangi minuman tidak sehat seperti alkohol serta menjauhkan stres dari hidup Anda.

2. Makan Tepat Waktu
Makan tepat waktu akan emmbuat hidup Anda lebih sehat. Anda juga perlu memperhatikan porsi makan untuk menjaga berat badan. Atur asupan garam dan sodium serta berhentilah merokok.

3. Hindari Kebiasaan yang Berlebihan
Sebanyak 95% pasien tekanan darah tinggi memiliki ‘Primary Hypertension’ atau hipertensi primer yang berarti tekanan darah tinggi tanpa penyebab medis yang jelas. Hipertensi bisa mengakibatkan stroke, serangan jantung, gagal jantung, dan ginjal. Faktor yang bisa mempengaruhi hipertensi adalah kebiasaan yang berlebihan, seperti banyaknya asupan kalsium, kebanyakan alkohol, stres, serta gaya hidup yang buruk.

4. Memperhatikan Lingkungan Sekitar
Banyak orang terserang penyakit kanker padahal sudah mengikuti pola hidup yang benar. Penyakit itu timbul karena pengaruh lingkungan sekitar Anda. Polusi bisa menyebabkan kanker. Anda juga dianjurkan mengecek air yang digunakan sehari-hari. Menurunkan berat badan dan berhenti merokok juga harus dilakukan untuk mencegah kanker.

5. Segera Obati Flu
Bila Anda terkena flu segera obati. Jangan sepelekan penyakit ringan seperti flu karena virus influenza bisa menjadi penyebab radang paru-paru. Berikan perlindungan tubuh Anda dengan vaksinasi flu saat musim hujan.

6. Makan Sehat & Berolahraga
Olahraga secara teratur minimal 20 sampai 30 menit per hari agar terhindar dari diabetes. Tingkatkan aktivitas fisik seperti latihan aerobik, berjalan kaki, bersepeda, serta renang. Anda juga perlu memperhatikan jam tidur karena kurangnya istirahat akan berisiko diabetes. Jaga pola makan juga penting serta memiliki kalori yang cukup demi kesehatan Anda.

7. Seimbangkan Diet dan Latihan
Wanita harus menyeimbangkan antara diet dan latihan. Selain makan dengan porsi kecil serta memiliki asupan yang rendah lemak dan karbohidrat, Anda harus membiasakan diri melakukan beberapa jenis latihan di rumah atau di luar ruangan. Ikut kelas khusus atau gym juga dapat membantu Anda berolahraga setiap hari.

8. Hindari Jarum dan Seks Bebas
Jarum suntik dan seks bebas bisa mengakibatkan penyakit mematikan seperti Acquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). AIDS bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Salah satu cara mencegah penyakit berbahaya tersebut dengan menghindari seks bebas, bergantian menggunakan jarum suntik, edukasi diri, serta memeriksa kesehatan secara teratur.

9. Banyak Konsumsi Kalsium
Kalsium diketahui bagus untuk tulang. Kalsium dapat mencegah osteoporosis. Maka dari itu, masukkan daftar makanan tinggi kalsium ke dalam menu diet Anda. Makanan yang kaya akan kalsium seperti almond, brokoli, sereal, sarden, yogurt, kacang-kacangan, dan sebagainya.

10. Hindari Kulit dari Sinar Ultraviolet
Seorang ahli kesehatan kulit, Dr. JB Sharma menyarankan, sebaiknya Anda menjaga kulit agar tidak langsung terkena sinar matahari karena bisa menyebabkan melanoma atau tumor ganas yang biasa menyerang kulit atau usus. "Untuk mencegah melanoma, hindari sun tanning serta tanning bed. Seinar ultraviolet tersebut menyebabkan kanker kulit dan kerutan," ujar Sharma, dikutip dari Healthmeup.

Gunakan lotion atau tabir surya sebelum berpergian pada siang hari. Anda juga bisa menutupi kulit dengan kemeja lengan panjang, topi yang lebar, serta kaca mata hitam supaya sinar matahari tidak langsung menyentuh kulit. Namun, bila Anda jarang terkena sinar matahari membuat tubuh kekurangan vitamin D. Maka dari itu, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti yogurt, susu, keju, ikan sarden, telur, bayam, dan sawi hijau.

sumber: http://wolipop.detik.com/
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. kecebong 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger