Home » , , , , » PLN Operasikan Pembangkit Gas di Nunukan

PLN Operasikan Pembangkit Gas di Nunukan

Written By yoyoyo on Rabu, 30 Oktober 2013 | 01.18

Khusus Dewasa 18th ++ silahkan klik KOTAK di BAWAH ini!!!!


PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) merealisasikan komitmennya mengurangi bahan bakar minyak (BBM) sebagai energi primer pembangkit-pembangkit yang dimilikinya. Komitmen tersebut ditunjukan dengan mulai beroperasinya Pusat Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Sembakung kemarin.
Direktur Pengadaan Strategis dan Energi Primer PLN, Bagiyo Riawan, mengatakan pengoperasian PLTMG yang berlokasi di Pulau Sembakung ini akan menggantikan pembangkit listrik bertenaga diesel yang selama ini dioperasikan.
“Dengan beroperasinya PLTMG ini, PLN semakin mengurangi ketergantungan kepada pembangkit-pembangkit berbahan bakar solar yang biaya pokok produksinya cukup besar dibanding pembangkit dengan bahan bakar lainnya,” kata Bagiyo dalam siaran pers yang diterima pada Selasa, 29 Oktober 2013.
PLTMG dengan kapasitas 8 megawatt (MW) ini akan melayani kebutuhan pasokan listrik di Kabupaten Nunukan, Sebatik, serta masyarakat di daerah perbatasan. Pembangkit ini nantinya akan mendapatkan suplai gas dari Pertamina EP melalui kabel laut sepanjang 37 kilometer yang menghubungkan sistem kelistrikan Nunukan-Sebatik.
General Manager PLN Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, Nyoman S. Astawa, mengatakan pembangunan pembangkit bertenaga gas ini telah menelan investasi sebesar Rp 164 miliar. Sebenarnya pembangkit gas ini dijadwalkan bakal beroperasi pada Agustus 2013 lalu, namun tertunda akibat ketidaksiapan pasokan gas.
“Untuk memenuhi kebutuhan gas pembangkit ke depan, PLN akan mengandalkan pasokan gas dari perusahaan daerah, yakni PT Nusa Serambi Persada,” ujar Nyoman.
PLN, kata Nyoman, juga berencana membangun PLTMG berkapasitas 6 MW di Pulau Sebatik. Pembangkit tersebut akan mendapat pasokan gas sebesar 2,5 juta kaki kubik per hari (mmscfd) pada tahun depan. “Jadi, nantinya total kapasitas listrik di Nunukan dan Sebatik mencapai 14 MW,” tuturnya.
Dengan hadirnya PLTMG 8 MW yang masuk ke sistem kelistrikan Nunukan dan Sebatik, maka Pusat Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Sei Bilal sebesar 6MW di Nunukan dan PLTD Sei Nyamuk di Sebatik sebesar 2MW akan digantikan dengan kehadiran PLTMG tersebut.
Sumber: tempo.co

Ingin Punya Donatur BLOG?
Silahkan Klik di Bawah ini :
Adsense Indonesia
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. kecebong 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger