Home » » Cara Membuat Camera CCTV di Android

Cara Membuat Camera CCTV di Android

Written By yoyoyo on Rabu, 23 Januari 2013 | 22.31



Selamat malam Minggu untuk pembaca bangagri.blogspot.com :)
maaf ya akhir-akhir ini gue jarang update postingan..sebagai gantinya,
mudah-mudahan tips yang akan gue kasih ini bisa berguna buat kamu dan kalian hehe..

Masih seputar Android.. kenapa? karena,penggunanya kian menjamur dan semakin banyak juga hehe..



NOTE SEBELUM DILAKUKAN :

-Tutorial ini CUKUP SULIT tapi bisa kamu lakukan apabila memahami dan yakin serta memang ingin berniat mencobanya! Bila gagal,gue juga gak tau resikonya -_- #plakkk

Tapi Gue do'ain berhasil pastinya,semangat!

Langsung saja..

Oh iya,
Trik ini juga bisa digunakan untuk menguji kehandalan ponsel Android yang baru saja kamu beli. Selain itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai kegiatan iseng untuk mengisi waktu anda yang sedang kosong. Yang perlu diingat, jangan menggunakan trik ini untuk hal-hal negatif karena anda sendiri pasti tahu kalau hal-hal negatif bisa merusak kesehatan.

Berikut ini step by step cara menggunakan ponsel Android sebagi IP Camera yang biasa disebut dengan camera CCTV.

Tahap persiapan:

-Satu buah ponsel Android.
-Satu buah notebook yang terintegrasi dengan WiFi atau satu buah PC yang sudah dilengkapi dengan perangkat WiFi.


Proses Install Software:

Pergi ke Google Play, cari aplikasi dengan kata kunci IPCam dan di situ akan ada beberapa pilihan,seperti di gambar berikut :



Pilih aplikasi itu dan install pada ponsel Android kamu.

Setelah proses install selesai, saatnya mengguakan IPCam sebagai camera CCTV:

-Aktifkan fasilitas Tethering WiFi Sharing pada ponsel Android.



-Jalankan aplikasi IPCam yang barusan diinstall.

-Pada bagian bawah paling kiri, kamu akan melihat tombol dengan huruf (i). Itu adalah petunjuk penggunaan dari IPCam. Silahkan baca untuk sedikit memahami bagaimana camera ini bekerja.

-Di sebelahnya ada gambar kunci. Pilihan itu untuk memberikan autentikasi jika ada yang ingin mengakses camera. Untuk percobaan kali ini, agar lebih mudah, kosongkan saja pilihan ini.




-Pilih setting Quality sesuai dengan keinginanmu. Semakin baik Quality, maka akses bisa tambah lambat dan begitu juga sebaliknya, semakin jelek Quality maka akses semakin cepat (Gambar tidak patah-patah). Paca contoh kali ini, adalah 50%, pertengahan dari kualitas camera.




Pada bagian size, pilih size sesuai dengan keinginan juga. Hal ini juga tergantung dengan ponsel, jika ponsel memang belum mampu mengambil resolusi yang tinggi, jangan dipaksakan. Pada contoh, di bawah ini digunakan size ukuran 640×480 pixel.



Tekan gambar IP pada bagian bawah dan masukkan port yang akan digunakan. Jika kamu belum paham apa itu port, gunakan por 8000 saja (Default port) dan lanjutkan dengan memilih Save.



-Sekarang, nyalakan camera dengan cara “touch” pada bagian kanan bawah gambar tombol On/Off.

-Di situ kamu akan melihat IP address dari camera beserta port dari camera tersebut.

-Saat ini, kembali ke notebook/komputer, koneksikan WiFi dengan ponsel Android yang sudah dikatifkan Tethering WiFi Sharing.

-Setelah terkoneksi, buka web browser dan masukkan alamat IP address sesuai dengan yang tertera pada gambar sebelumnya. Pada contoh, IP address yang digunakan adalah 192.168.43.1 dengan port 8000 maka pada adress browser, tuliskan http://192.168.43.1:8000/

-Jika semua proses sudah terkonfigurasi dengan baik, anda kamu melihat tulisan seperti gambar di bawah ini.



-Selanjutnya pilih salah satu metode yang akan digunakan, apakah memilih menggunakan web browser, menggunakan media player atau menggunakan yang lain. Silahkan berkreatifitas. Pada contoh, digunakan web browser Firefox.







NOTE : Yang perlu diingat, tidak semua web browser support dengan aplikasi ini. Untuk itu pastikan kamu menggunakan web browser yang paling baru atau menggunakan media selain web browser.


-Selesai, sekarang ponselmu bisa digunakan sebagai kamera CCTV seperti kamera convensinal. Kamu bisa menempatkannya di mana saja asalkan sinyal WiFi dari Android bisa diterima oleh komputer/notebook.

-Jika menggunakan web browser, pastikan komputer/notebook berkecepatan tinggi karena web browser memerlukan resource yang besar ketika streaming video dari camera Android. Jangan sampai keperluan camera CCTV anda menjadi terhambat hanya karena komputer/notebook yang lelet.


-Selain menggunakan sharing dari WiFi langsung,bisa juga menggunakan jaringan WiFi yang sudah tersedia dengan syarat baik komputer maupun notebook sama-sama bisa mengakses jaringan tersebut. IP address dari Android juga akan mengikuti jaringan WiFi yang ada.

Sumber : caraandroid.blogspot.com
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

Recent Post

Total Tayangan Laman

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. kecebong 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger