Home » , , , , » Salah Satu Manfaat ASI, adalah Lindungi Anak dari HIV

Salah Satu Manfaat ASI, adalah Lindungi Anak dari HIV

Written By yoyoyo on Sabtu, 26 Oktober 2013 | 00.42

Khusus Dewasa 18th ++ silahkan klik KOTAK di BAWAH ini!!!!
Semua orang pasti setuju jika ASI mengandung banyak manfaat untuk kesehatan si kecil. Nah, penelitian terbaru mengatakan bahwa ASI juga bisa melindungi anak dari HIV.

Dilansir Medindia, Sabtu (26/10/2013), peneliti menemukan komponen pada ASI yang mampu menghancurkan virus yang bisa menyebabkan AIDS tersebut. Komponen itu berupa protein yang disebut Tenascin-C atau TNC.

"Meskipun kita memiliki obat anti-retroviral yang bisa mencegah transmisi virus dari ibu ke anak, tapi tidak semua wanita hamil melakukan tes HIV, dan hanya kurang dari 60 persen yang menerima obat untuk mencegah transmisi itu," papar peneliti senior Dr Sallie Permar, asisten profesor di bagian anak di Duke University.

Dr Sallie menambahkan apalagi di beberapa negara obat-obat itu sangat terbatas jumlahnya. Maka diperlukan alternatif lain sebagai strategi untuk mencegah transmisi virus dari ibu ke anak, salah satunya dengan pemberian ASI.

Tenascin-C atau TNC mempunyai kemampuan melawan kuman dan bakteri. Peneliti lantas menemukan kesimpulan TNC mampu melawan HIV setelah melakukan tes pada sampel ASI dari wanita yang tidak terinfeksi HIV untuk mengecek bahwa protein ini bisa efektif melemahkan HIV. 

"TNC adalah komponen dari matriks ekstraselular berupa jaringan terintegrasi di mana jaringan tersebut saling terikat satu sama lain hingga membentuk pertahanan yang kuat. Protein ini juga berperan dalam menyembuhkan luka dan mengganti jaringan yang rusak, " kata Dr Sallie.

"TNC juga diketahui memegang peranan penting pada pertumbuhan janin, tetapi mengapa itu bisa jadi komponen ASI atau bahan antiviral, belum pernah dijelaskan sebelumnya, " lanjut Dr Sallie. 

Dr. Barton Haynes, direktur Duke Human Vaccine Institute, menambahkan, "Penemuan bahwa transmisi HIV bisa dihambat dari komponen protein yang ada di ASI dapat memberi penjelasan mengapa bayi yang lahir dari ibu dengan HIV, belum tentu ia ikut terinfeksi," katanya.


sumber: http://health.detik.com/read/2013/10/26/120354/2396169/764/satu-lagi-manfaat-asi-lindungi-anak-dari-hiv?l992205755

Ingin Punya Donasi untuk BLOG Anda? 
Klik Di Bawah ini
Adsense Indonesia
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Post

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Archives

Blog Archive

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. kecebong 17 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger